Apa yang harus dilakukan selanjutnya

Dari perspektif Syariah, apa yang dapat seseorang lakukan dengan bunga bank yang dia dapat dari tabungannya? Masalahnya bukanlah bunga, tetapi kenapa dia sampai bisa punya rekening bank. Karena itu solusinya bukanlah meninggalkan bunga bank, yang tidak menyelesaikan masalah. Solusinya adalah merubah keadaan dari keterpaksaan penggunaan yang Haram: yakni situasi darurah sekarang ini.

Kita melawan ide pelanggengan status darurah sebagaimana dilakukan oleh Bank Syariah. Posisi kita sebagai Muslim adalah mengambil peran aktif merubah situasi dari keterpaksaan kita sekarang menggunakan yang Haram. Karena itu kami mengajukan penggunaan bunga bank untuk mempromosikan alternatif yang Halal.

Kita sebagai Muslim memiliki kewajiban merubah situasi. Kita mengetahui bahwa kita sedang melakukan yang Haram. Kita tidak dapat terus bertahan dalam keadaan darurah, karena darurah hanyalah dibolehkan untuk sementara. Tujuan kita adalah menggunakan seluruh daya dan upaya untuk menghapus ketergantungan kita pada sistem perbankan selangkah demi selangkah setiap waktu terus-menerus.

Namun kesulitan sudah terbayang di depan. Tapi kita harus ingat bahwa kita melakukan ini di jalan Allah. Allah telah menyatakan perang terhadap Riba, kewajiban kita adalah meninggalkannya.